Kamis, 06 Desember 2018

Bab 7 MATEMATIKA Kelas 6

BAB VII
PENGOLAHAN DATA
Tujuan pembelajaran setelah bab ini, siswa dapat:
1.      Menyajikan data.
2.      Menentukan rata-rata hitung dan modus sekumpulan data.
3.      Mengurutkan data termasuk nilai tertinggi dan terendah.
4.      Menafsirkan hasil pengolahan data.
A.    Menyajikan Data
            Berdasarkan hasil sensus diketahui bahwa angkatan kerja dI Indonesia yang bekerja di sektor pertanian 60 juta, jasa 25 juta, perdagangan 18 juta, industri 12 juta, lain-lain 5 juta.
1.      Bentuk table
No,
Sektor
Banyaknya
1
Pertanian
60 Juta
2
Jasa
24 Juta
3
Perdagangan
18 Juta
4
Industri
12 Juta
5
Lain-lain
6 Juta
Jumlah
120 Juta
2.      Diagram batang

3.      Diagram lingkaran
Sektor pertanian
= 60/120 x 3600 = 180%
atau sektor pertanian
 = 60/120 x 100% = 50%
Sektor jasa
 = 24/120 x 3600 =720
atau sektor jasa
 = 24/120 x100% =20%
Sektor perdagangan
  = 18/120 x 3600 = 54 %
atau sektor perdagangan
  = 18/120 x 100% = 15%
Sektor industry
  = 12/120 x 3600 = 36%
atau sektor industry
  = 12/120 x 100% = 10%
Sektor lain-lain
  = 6/120 x 3600 = 18% atau sektor lain-lain
   = 6/120 x 100% = 5%
Dalam diagram lingkaran, besar sudut dapat dinyatakan dengan nilai persen, sehingga:
- Sudut 1800 diganti dengan 50%
- Sudut 540 diganti dengan 15%
- Sudut 180 diganti dengan 5%
- Sudut 720 diganti dengan 20 %
- Sudut 360 diganti dengan 10%
B.     Menentukan Rata-rata Hitung dan Modus Sekumpulan Data
Untuk menentukan rata-rata sebuah data, yang harus dilakukan adalah:
1)      Susun data tersebut ke dalam tabel frekuensi dari yang terbesar.
2)      Modus = nilai yang sering muncul dari suatu data.
Contoh:
Nilai ulangan matematika adalah sebagai berikut: 8 6 7 5 4 5 6 5 7 6 7 5 6 7 6 5 7 5 5 8
Tabel nilai ulangan matematika
No,
Nilai
Banyak Siswa
Banyak siswa x nilai
1
4
1
4 x 1 = 4
2
5
7
5 x 7 = 35
3
6
5
6 x 5 = 30
4
7
5
7 x 5 = 35
5
8
2
8 x 2 = 16
Jumlah
20
120
a)      Nilai rata-rata (mean) = 120/20
                                    = 6
b)      Modus = 5
Nilai rata rata(mean)
Jumlah Nilai Data
Banyak Data
C.    Mengurutkan Data Termasuk Nilai Tertinggi dan Terendah
            Suatu data diurutkan dari tertinggi ke yang terendah atau dari yang terendah ke yang tertinggi.
Contoh:
Dari 20 siswa kelas VI SD Melati di peroleh data berat badan sebagai berikut:
30
46
45
50
35
47
50
36
40
45
38
48
40
45
30
30
35
48
46
45
Tentukan :
a)      Berat badan terendah
b)      Berat badan tertinggi
Jawab:
Terlebih dahulu, urutkan datanya menjadi: 30 30 30 35 35 36 38 40 40 45 45 45 45 46 46 47 48 48 50 50 Maka, berat badan terendah = 30
berat badan tertinggi  = 50
D.    Menafsirkan Hasil Pengolahan Data
            Jumlah siswa SD Jati Murni menurut kelas dan jenis kelamin
Kelas
Jenis Kelamin
Jumlah
Laki-laki
Perempuan
1
18
22
40
2
27
28
45
3
20
25
45
4
22
21
43
5
24
16
40
6
20
17
37
Jumlah
137
129
260
Tabel tersebut di atas menjelaskan tentang jumlah murid SD Jati Murni sebanyak 260 orang yang terdiri dari 131 murid laki-laki dan 129 murid perempuan.
GLOSARIUM
Bilangan kubik
: Bilangan pangkat tiga
Bilangan prima
: Bilangan yang mempunyai bilangan 1 dan bilangan itu
sendiri
Debit
: Banyaknya zat yang mengalir dalam waktu tertentu
Diagram batang
: Diagram dalam bentuk batang
Diagram gambar
: Diagram dalam bentuk gambar
Diagram garis
: Diagram dalam bentuk garis
Diagram lingkaran
: Diagram dalam bentuk lingkaran
Faktor prima
: Faktor yang terdiri atas bilangan-bilangan prima
Faktorisasi prima
: Faktor-faktornya bilangan prima
FPB
: Faktor persekutuan terbesar
Koordinat
: Bilangan yang digunakan untuk menunjukkan lokasi suatu
titik garis, permukaan atau ruang
KPK
: Kelipatan persekutuan terkecil
Mean
: Nilai rata-rata
Modus
: Nilai yang sering muncul
Nilai terendah
: Nilai yang paling kecil
Nilai tertinggi
: Nilai yang paling besar
Ordinat
: Jarak titik terhadap sumbu x
Sifat asosiatif
: Sifat pengelompokkan
Sifat distributif
: Sifat penyebaran
Sifat komutatif
: Sifat pertukaran
Skala
: Perbandingan ukuran pada gambar dengan keadaan
yang sebenarnya
Volume
: Isi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar