Rabu, 05 Desember 2018

Bab 4 MATEMATIKA Kelas 6

BAB IV
MENGUMPULKAN DAN MENGOLAH DATA
Tujuan pembelajaran setelah bab ini siswa dapat:
1.      Mengumpulkan dan membaca data.
2.      Mengolah dan menyajikan data dalam bentuk tabel.
3.      Menafsirkan data.
A.    Mengumpulkan dan Membaca Data
1.      Mengumpulkan data
a.       Catatlah umur siswa-siswi di kelasmu, kemudian isilah titik-titik berikut ini :
             Siswi yang berumur 10 tahun ….. orang
             Siswa yang berumur 11 tahun ….. orang
             Siswa yang berumur 12 tahun ….. orang
             Siswi yang berumur 13 tahun ….. orang
             Siswa yang berumur 14 tahun ….. orang
             Siswi yang berumur 15 tahun ….. orang
b.      Kegiatan yang dapat dilakukan selain mencatat umur adalah data jenis kelamin, data berat badan, data tinggi badan, nilai ulangan dan sebagainya.
Tabel 1. Banyak siswa SD Kahayangan menurut kelas dan jenis kelamin.
Kelas
Jenis kelamin
Jumlah
L
P
I
26
14
40
2
24
18
41
3
20
18
38
4
18
18
36
5
23
16
39
6
25
20
45
Jumlah
136
104
240
2.      Membaca data
Tabel tersebut dibaca:
-          Jumlah siswa SD Kahayangan sebanyak 240 orang. Terdiri dari 136 laki-laki dan 104 perempuan.
-          Jumlah siswa kelas I 40 orang. Terdiri dari 26 laki-laki dan 14 perempuan.
-          Jumlah siswa kelas II 42 orang. Terdiri dari 24 laki-laki dan 18 perempuan
-          Jumlah siswa kelas III 38 orang. Terdiri dari 20 laki-laki dan 18 perempuan.
-          Jumlah siswa kelas IV 36 orang. Terdiri dari 18 laki-laki dan 18 perempuan.
-          Jumlah siswa kelas V 39 orang. Terdiri dari 23 laki-laki dan 16 perempuan.
-          Jumlah siswa kelas VI 45 orang. Terdiri dari 25 laki-laki dan 20 perempuan.
B.     Mengolah dan Menyajikan Data Dalam Bentuk Tabel.
1.      Mengurutkan data
Agar suatu data mudah dipahami. Perlu diurutkan terlebih dahulu dalam suatu tabel frekuensi.
Contoh:
Banyak siswa kelas VI SD Nakula 30 anak. Nilai ulangan matematika yang di peroleh adalah :
6
8
7
5
9
8
8
6
9
7
10
6
6
8
8
7
7
5
5
10
4
5
9
9
5
4
4
5
6
10
                  Urutkan data tersebut dalam tabel frekuensi.
                  Jawab:
                        Sebelum data dimasukkan ke tabel. Perlu di kelompokkan terlebih dahulu secara urut.
                  Nilai 4 muncul 3 kali, artinya frekuensi nilai 4 ada 3.
                  Nilai 5 muncul 6 kali, artinya frekuensi nilai 5 ada 6.
                  Nilai 6 muncul 5 kali, artinya frekuensi nilai 6 ada 5.
                  Nilai 7 muncul 4 kali, artinya frekuensi nilai 7 ada 4.
                  Nilai 8 muncul 5 kali, artinya frekuensi nilai 8 ada 5.
                  Nilai 9 muncul 4 kali, artinya frekuensi nilai 9 ada 4.
                  Nilai 10 muncul 3 kali, artinya frekuensi nilai 10 ada 3.
                        Data dipindahkan ke dalam Tabel :
Nilai
Banyaknya siswa (Frekuensi)
4
3
5
6
6
5
7
4
8
5
9
4
10
6
jumlah
30
                        Dengan tabel frekuensi tersebut dapat diketahui :
                        Nilai tertinggi adalah 10, dan nilai terendahnya adalah 4.
                        Jumlah siswa yang mendapat nilai 9 ada 4 orang.
                        Nilai yang paling banyak muncul adalah 5 (6 kali).
                        Selisih nilai tertinggi dan terendah (10 - 4 = 6).
2.      Menyajikan data dalam bentuk table
Hasil penimbangan 24 siswa kelas VI sebagai berikut :
45 kg
35 kg
34 kg
39 kg
38 kg
40 kg
27 kg
35 kg
28 kg
39 kg
39 kg
39 kg
28 kg
27 kg
29 kg
29 kg
27 kg
40 kg
45 kg
35 kg
38 kg
34 kg
22 kg
22 kg
           

        
C.    Menafsirkan Data
            Contoh:
            Tabel frekuensi data nilai ulangan matematika kelas VI sebagai berikut:
Nilai
4
5
6
7
8
9
Frekuensi
2
4
9
10
12
3
                  Tabel di atas adalah nilai ulangan matematika kelas VI.
                  Jumlah siswa kelas VI ada 40 siswa:
                  yang mendapat nilai 4 ada 2 siswa.
                  yang mendapat nilai 5 ada 4 siswa.
                  yang mendapat nilai 6 ada 9 siswa.
                  yang mendapat nilai 7 ada 10 siswa.
                  yang mendapat nilai 8 ada 12 siswa.
                  yang mendapat nilai 9 ada 3 siswa.
                               I.            Ayo, kerjakan soal-soal berikut ini!
1.      Siswa kelas VI SD Mawar menimbang berat badan dengan data yang diperoleh sebagai berikut :
2 orang dengan berat badannya 29 kg/orang
5 orang dengan berat badannya 31 kg/orang
12 orang dengan berat badannya 32 kg/orang
10 orang dengan berat badannya 33 kg/orang
6 orang dengan berat badannya 35 kg/orang
4 orang dengan berat badannya 36 kg/orang
1 orang dengan berat badannya 39 kg/orang
a.       Berapa banyak siswa kelas VI SD?
b.      Berapa selisih berat badan terberat dan teringan?
2.      Nilai ulangan Matematika kelas VI SD Melati adalah sebagai berikut .
80, 75, 65, 65, 70, 65, 85, 80, 65, 75
65, 70, 80, 75, 65, 95, 80, 85, 75, 80
a.       Berapa nilai tertinggi?
b.      Berapa nilai terendah?
c.       Berapa selisih nilai tertinggi dan terendah?
d.      Kelompokkan data tersebut secara berurutan!
3.      Hasil penjualan beras selama 6 hari pada diagram ini.
a.       Berapa kg hasil penjualan pada hari Sabtu?
b.      Pada hari apa penjualan paling banyak?
c.       Pada hari apa penjualan paling sedikit?
d.      Berapa selisih hasil penjualan paling banyak dengan paling sedikit?
e.       Berapa kg jumlah penjualan selama 6 hari?
4.      Berikut ini tabel angkatan kerja penduduk Pulau Jawa :
No.
Sektor
Banyaknya
1
Pertanian
28 juta
2
Jasa
7 juta
3
Perdagangan
4 juta
4
Industri
2 juta
5
Lain-lain
1 juta
Jumlah
42 juta
           Tafsirkan tabel tersebut dalam setiap sektornya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar