Kamis, 22 November 2018

Bab 3 "perkembangan ekosistem" kelas 6

BAB III
PERKEMBANGAN EKOSISTEM

A. Kondisi yang mempengaruhi perubahan ekosistem
1. Perubahan ekosistem secara alamiah
Akhir-akhir ini sering terjadi bencana alam berupa gunung meletus atau gempa bumi. Peristiwa-peristiwa ini dapat menyebabkan terjadinya perubahan ekosistem. Misalnya di hutan sekitar gunung merapi dijawa tengah banyak hewan, tumbuhan, dan makhluk hidup lainnya yang hidup di sana. Jika terjadi gunung meletus di gunung merapi maka makhluk hidup disana akan banyak yang mati. Peristiwa alam yang lain yang juga dapat merusak keseimbangan ekosistem adalah kebakaran hutan.
2. Perubahan ekosistem akibat perbuatan manusia
Manusia selalu berusaha untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Manusia memanfaatkan alam dan lingkungannya. Namun, pemanfaatannya selalu berlebihan tanpa memikirkan akibatnya. Mislanya: membuang sampah sembarangan, menebang pohon sembarangan, dll.
3. Pengaruh penggunaan bahan kimia terhadap lingkungan
Kerusakan lingkungan yang terjadi akhir-akhir ini sangat lah parah, pencemaran lingkungan sudah terjadi di seluruh wilayah, indonesia sebagai negara yang berkembang, memiliki tingkat kerusakan lingkungan yang tinggi. Selain akibat dari peristiwa alam dan ulah manusia yang sengaja merusak lingkungan untuk kepentingan pribadi, penggunaan bahan kimia di lingkungan sekitar kita. Tanpa kita sadari dapat merusak lingkungan dan ekosistemnya.

B. Pemanfaatan hewan dan tumbuhan oleh manusia
1. Jenis hewan yang diburu manusia
Banyak jenis hewan yang diburu dan dibunuh manusia dengan berbagai alasan. Ada yang di buru untuk diambil dagingnya, tetapi ada juga hewan yang dibunuh hanya diambil bagian tertentu saja. Walaupun hanya mengambil bagian tertentu terpaksa manusia harus mebunuh hewan tersebut.
2. Jenis tumbuhan yang di manfaatkan manusia
Banyak jenis tumbuhan yang di manfaatkan manusia, selain sebagai sumber penghasilan makanan dan oksigen, tumbuhan juga dimanfaatkan manusia senagai bahan bangunan, bahan obat, meja kursi, almari dan peralatan rumah tangga lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar