Kamis, 22 November 2018

Bab 1 "ciri-ciri makhluk hidup" kelas 6

BAB I
CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP

A. Ciri Khusus pada Hewan
1. Kelelawar
Kelelawar banyak dijumpai digua yang sangat gelap. Untuk dapat terbang kearah yang benar, kelelawar menggunakan sistem sonar. Kelelawar mengeluarkan bunyi dengan frekuensi yang sangat tinggi sebanyak mungkin. Kemudian ia mendengarkan bunyi pantul tersebut dengan indra pendengarnya. Dengan cara itu kelelawar dapat mengetahui letak benda dengan tepat. Sehingga kelelawar mampu terbang dengan keadaan gelap tanpa menabrak benda-benda disekitarnya.
2. Cicak 
Cicak termasuk hewan melata. Cicak dapat merayap di dinding tanpa terpeleset. Hal ini cicak memiliki ciri khusus berupa telapak kaki dengan sistem perekat. Sistem perekat ini dibangun dengan telapak kaki yang beralaur pararel, dengan alur yang dimiliki. Kemungkinan cicak dapat menempelkan kakinya di dinding dengan jalan tanpa terpeleset. 
3. Bebek 
Bebek memiliki berbagai ciri khusus yang disesuaikan dengan tempat tinggalnya. Bebek hidup di darat namun untuk mencari makan, bebek biasanya berada diair. Adapun ciri khusus bebek untuk mencari makan berupa paruh yang agak panjang dan lebar pada bagian ujungnya. 
4. Unta 
Unta merupakan salah satu “makhluk hidup istimewa”. Hal ini disebabkan oleh struktur tubuhnya yang tidak terpengaruh oleh kondisi alam paling panas sekalipun.


B. Ciri Khusus Pada Tumbuhan 
1. Kaktus 
Kaktus memiliki ciri khusus yaitu daun yang berbentuk duri. Hal ini dimaksud untuk mengurangi proses penguapan air dari dalam tubuhnya. Tempat fotosintesis digantikan oleh batang, batang kaktus memiliki klorofil untuk dapat melakukan fotosintesis. Selain itu, batang kaktus menjadi besar dan mengembung. Tujuannya untuk menyimpan cadangan air.
2. Teratai 
Teratai dapat hidup di lingkungan air. Untuk dapat melangsungkan hidupnya teratai di ciptakan sempurna oleh tuhan yang maha pencipta. Teratai memiliki daun yang lebar dan tipis. Ciri khusus ini di gunakan untuk memperbesar proses penguapan air dari dalam tubuhnya. 
3. Kantung semar 
Tumbuhan ini hidup yang rawa miskin akan kandungan mineral nitrogen. Untuk memenuhi kebutuhan nitrogen kantong semar memperolehnya dari serangga. Bagian bunga kantong semar mengeluarkan madu untuk menarik perhatian serangga. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar