Minggu, 11 November 2018

bab 2 "akhlak tercela" kelas 6


Akhlak Tercela
A.    Pengertian Akhlak Tercela
Akhlak berasal dari bahasa arab yaitu khalaqa-yahluqu, artinya menciptakan dari akar kata itu pula ada kata makhluk dan kata khalik. Maka akhlak berarti segala sikap dan tingkah laku manusia yang datang dari Allah Swt. Akhlak tercela merupakan perilaku-perilaku yang tidak baik.

B.     Macam-macam Akhlak Tercela
1.      Pengertian, Larangan, Akibat dan Cara Menanggulangi Sifat Marah
a.       Pengertian Marah
Pernah kalian melihat orang yang sedang marah? Bagaimana wajahnya, ungkapan apa yang terdengar dari lisannya dan apa yang di lakukan?. Marah atau ghadab adalah luapan perasaan seseorang yang tidak senang karena sesuatu. Mungkin karena dihina sehingga tersinggung karena di bohongi sesuatu atau karena keinginan tidak tercapai.
Marah merupakan bentuk akhlak tercela sehingga harus di hindari. Marah termasuk perbuatan sehat yang tidak boleh di ikuti. Orang yang pemarah akan mudah tersinggung dan mudah melakukan hal-hal yang buruk karena tidak dapat mengendalikan diri. Seorang yang sedang marah dapat di ketahui melalui tanda-tanda atau cirri-ciri yang tampak, antara lain:
1)      Muka dan matanya tampak merah
2)      Mulutnya berdesir
3)      Tangannya gemetar
4)      Mengeluarkan kata-kata kotor
5)      Melakukan sesuatu yang merugikan, seperti: memukul, melempar, membanting, dll
b.      Larangan Marah
Perbuatan marah adalah perbuatan setan. Dan setan adalah makhluk yang terkutuk. Karena itu jangan sekali-sekali mengikuti perbuatan setan . karena sekali mengikuti perbuatan setan  akan menjadi teman setan dan menjadi makhluk terkutuk oleh Allah Swt.
c.       Akibat Marah
Akibat dari sikap marah yaitu:
1)      Menanamkan permusuhan
2)      Hancurnya sesuatu
3)      Munculnya kata-kata kotor yang menyakitkan
4)      Membuat orang lain tidak menyukai
5)      Dimurkai oleh Allah
d.      Cara menangulangi marah
1)      Meminta pertolongan kepada Allah
2)      Diam dan menjaga lisan
3)      Mengambil posisi lebih rendah

2.      Pengertian, Farangan, Akibat dan Cara Menghindari Fasik
a.       Pengertian fasik
Menurut istilah orang fasik maksiat meninggalkan perintah allah dan menyimpang dari jalan yang benar. Orang yang fasik suka melakukan maksiat, meninggalkan perintah allah dan menyimpang dari jalan yang benar atau orang yang mengaku beragama islam tetapi senantiasa melakukan berbuat dosa atau kemaksiatan.
b.      Larangan fasik
Fasik adalah perbuatan yang sangat dilarang oleh agama islam. Karena fasik adalah perbuatan setan yang senantiasa berperilaku menyimpang, seperti firman Allah sebagai berikut:  “wahai orang-orang beriman jika datang kepada kamu seorang fasik membawa sesuatu berita maka selidikilah kebenarannya supaya kamu tidak menimpakan sesuatu kaum dengan perkara yang tidak diingini dengan sebab kejahilan kamu sehingga menjadikan kamu menyesali apa yang kamu telah lakukan (QS. Al-Hujurat; 49/6)
c.       Akibat fasik
1)      Tidak dipercaya oleh manusia
2)      Allah Swt tidak member petunjuk
3)      Terancam masuk neraka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar