Minggu, 04 November 2018

bab 1 "Akhlak Terpuji" kelas 6


Akhlak Terpuji

A. Pengertian Akhlak Terpuji
                  Akhlak Terpuji adalah segala macam bentuk dan perbuatan, ucapan, dan perasaan seseorang yang bisa menambah iman dan mendatangkan pahala.
B.     Macam-macam Akhlak Terpuji
1.      Pengertian, Manfaat, dan Contoh Tanggung Jawab
a.       Pengertian Tanggung Jawab
Tanggung jawab adalah kewajiban menanggung, memikul, menanggung segala sesuatu dan menanggung akibatnya. Tanggung jawab adalah kesadaran manusia terhadap tingkah laku atau perbuatan yang disengaja maupun yang tidak sengaja.
Tanggung jawab adalah perwujudan dari sifat amanah, yang artinya dapat di percaya. Sehingga tanggung jawab bersifat kodrat, artinya sudah menjadi bagian hidup manusia bahwa setiap manusia dibebani tanggung jawab. Tanggung jawab adalah kewajiban yang harus dilakukan sebagai akibat dari perbuatan yang di lakukan. Sikap tanggung jawab harus di biasakan setiap hari dengan cara:
1.   Selalu mengingat kepada Allah Swt, segala perbuatan yang dilakukan di dunia akan di mintai pertanggung jawabannya.
2.   Menyadari betapa beratnya amanah yang di berikan kepada manusia.
3.   Menyadari sikap buruk yang timbul dari sikap yang tidak bertanggung jawab.
4.   Berani mengakui kekurangan sendiri.
5.   Siap menerima resiko apapun yang dilakukan oleh kesalahan.
b.      Manfaat Tanggung Jawab
1.      Dipercaya orang lain
Semakin betanggung jawab seseorang, maka semakin banyak manusia percaya pada dirinya. Sebaliknya semakin manusia lari dari tanggung jawab orang lain tidak percaya pada dirinya.
2.      Menjadi manusia yang berguna
Dengan tanggung jawab, maka banyak orang yang percaya kepada dirinya. Dan semakin banyak orang percaya maka semakin manfaat dirinya kepada orang lain.
3.      Memperoleh pahala dari Allah Swt
Karena tanggung jawab adalah perintah Allah Swt. Maka manusia yang melakukan akan memperoleh pahala dari Allah Swt. Berapa banyak pahala yang di terima oleh manusia? Tentu akan sesuai dengan besar kecilnya tanggung jawab yang di embannya.
4.      Contoh Tanggung Jawab
Ada beberapa contoh tanggung jawab, kalian pasti pernah melakukan. Apakah itu? Coba ingat kembali, misalnya ada seorang anak kecil main dengan alat-alat permainanya. Setelah selesai bermain ia diminta oleh orang tua agar menata dan mengembalikan alat-alat permainannya ketempat semula. Ketika ada seorang teman kalian meminjam buku perpustakaan, setelah habis batas waktu harus dikembalikan. Itu semua contoh dari tanggung jawab.

2.      Pengertian adil, Manfaat, dan Contoh Adil
a.       Pengertian Adil
Adil yang berasal dari bahasa arab yang artiya berada ditengah-tengah, jujur, lurus dan tulus. Menurut istilah adil merupakan suatu sikap yang bebas dari ketidakjujuran. Dengan demikian orang yang adil adalah orang yang berbuat sesuai dengan aturan hukum baik hukum agama, hukum positif ataupun hukum social yang berlaku. Orang yang adil selalu bersikap netral artinya sikap yang tidak memihak, kecuali kepada kebenaran. Bukan bermihak kepada pertemanan, persamaan suku bangsa, maupun agama. Keterpihakan kepada sesuatu yang tidak benar dilarang oleh ajaran islam. Allah Swt menegaskan bahwa kebencian terhadap suatu golongan, atau individu, janganlah untuk tidak menjadi pendorong untuk bertindak tidak adil. Mengapa islam menganggap sikap adil itu penting? Salah satu tujuan utama islam adalah membentuk masyarakat yang menyelamatkan, yang membawa rahmat kepada seluruh alam semesta.
1.      Seorang muslim harus bersikap adil dan jujur kepada diri sendiri, kerabat dekat, kaya dan miskin, penilaian, kesaksian dan keputusan hukum hendaknya berdasarkan kepada kebenaran walaupun kepada diri sendiri.
2.      Keadilan adalah milik semua umat manusia tidak memandang suku, agama, status, jabatan ataupun tingkatan social.
3.      Keadilan bermakna bahwa seorang muslim harus dapat membuat penilaian apa adanya dan kritis kepada siapa pun.
b.      Manfaat Adil
1.            Mendatangkan ridha Allah Swt
2.            Memperoleh keberhasilan dalam hidup
3.            Memperoleh kegembiraan batin
4.            Disenangi banyak orang
5.            Memperoleh kesejahteraan hidup di dunia maupun di akhirat
6.            Terwujud masyarakat yang aman, tentram, dan damai
c.       Contoh Adil
Banyak sekali contoh adil di sekitar kita. Tahukah kalian dalam hal itu? Masih ingatkah kalian ketika ada teman membuang sampah sembarangan kemudian ditegur oleg ibu guru agar mengambil dan dibuang di tempat sampah? Itu adalah bagian dari contoh adil. Karena adil berate menempatkan sesuatu pada tempatnya.

d.      Pengertian, Manfaat dari Sikap Bijaksana
1.      Pengertian Bijaksana
Bijaksana artinya selalu menggunakan akal budinya dengan berdasarkan pengalaman dan pengetahuannya, arif, atau tajam pikiran. Bijaksana berarti pandai dan hati-hati, cermat, teliti, dan sebagainya. Bijaksana merupakan suatu kecakapan menggunakan akal budinya apabila menghadapi kesulitan. Bijaksana dapat diartikan pula menyelesaikan masalah berdasarkan kebenaran dan tidak hanya mengikuti keinginan hawa nafsu saja.cara untuk bersikap bijaksana dalam kehidupan sehari-hari:
a.       Perenungan dengan upaya mengerti dan menghayati pentingnya sikap bijaksana
b.      Meniru dari contoh bijaksana yang dilakukan oleh Nabi Muhammad saw., seperti sikap Nabi mengembalikan Hajar Aswad ke tempat semula
c.       Mengamalkan dan membiaskan dalam kehidupan sehari-hari
e.       Manfaat Bijaksana
1.      Dapat terlaksana dalam Undang-undang, karena orang yang bijaksana selalu berbuat sesuai dengan undang-undang sehingga terwujud keselarasan hidup bagi masyarakat.
2.      Dapat mewujudkan sikap disiplin
3.      Dapat menegakkan sesuatu yang benar (haq)
4.      Dapat melaksanakan kewajibanDapat mewujudkan sikap adil

Tidak ada komentar:

Posting Komentar