BAB VII
PENGOLAHAN DATA
Tujuan pembelajaran setelah bab ini, siswa dapat:
1. Menyajikan data.
2. Menentukan rata-rata hitung dan modus sekumpulan data.
3. Mengurutkan data termasuk nilai tertinggi dan terendah.
4. Menafsirkan hasil pengolahan data.
A. Menyajikan Data
Berdasarkan hasil sensus diketahui bahwa angkatan kerja dI Indonesia yang bekerja di sektor pertanian 60 juta, jasa 25 juta, perdagangan 18 juta, industri 12 juta, lain-lain 5 juta.
1. Bentuk table
No,
|
Sektor
|
Banyaknya
|
1
|
Pertanian
|
60 Juta
|
2
|
Jasa
|
24 Juta
|
3
|
Perdagangan
|
18 Juta
|
4
|
Industri
|
12 Juta
|
5
|
Lain-lain
|
6 Juta
|
Jumlah
|
120 Juta
|
2. Diagram batang
3. Diagram lingkaran
Sektor pertanian
= 60/120 x 3600 = 180%
atau sektor pertanian
= 60/120 x 100% = 50%
Sektor jasa
= 24/120 x 3600 =720
atau sektor jasa
= 24/120 x100% =20%
Sektor perdagangan
= 18/120 x 3600 = 54 %
atau sektor perdagangan
= 18/120 x 100% = 15%
Sektor industry
= 12/120 x 3600 = 36%
atau sektor industry
= 12/120 x 100% = 10%
Sektor lain-lain
= 6/120 x 3600 = 18% atau sektor lain-lain
= 6/120 x 100% = 5%
Dalam diagram lingkaran, besar sudut dapat dinyatakan dengan nilai persen, sehingga:
- Sudut 1800 diganti dengan 50%
|
- Sudut 540 diganti dengan 15%
|
- Sudut 180 diganti dengan 5%
|
- Sudut 720 diganti dengan 20 %
|
- Sudut 360 diganti dengan 10%
|
B. Menentukan Rata-rata Hitung dan Modus Sekumpulan Data
Untuk menentukan rata-rata sebuah data, yang harus dilakukan adalah:
1) Susun data tersebut ke dalam tabel frekuensi dari yang terbesar.
2) Modus = nilai yang sering muncul dari suatu data.
Contoh:
Nilai ulangan matematika adalah sebagai berikut: 8 6 7 5 4 5 6 5 7 6 7 5 6 7 6 5 7 5 5 8
Tabel nilai ulangan matematika
No,
|
Nilai
|
Banyak Siswa
|
Banyak siswa x nilai
|
1
|
4
|
1
|
4 x 1 = 4
|
2
|
5
|
7
|
5 x 7 = 35
|
3
|
6
|
5
|
6 x 5 = 30
|
4
|
7
|
5
|
7 x 5 = 35
|
5
|
8
|
2
|
8 x 2 = 16
|
Jumlah
|
20
|
120
|
a) Nilai rata-rata (mean) = 120/20
= 6
b) Modus = 5
Nilai rata rata(mean)
|
Jumlah Nilai Data
| |
Banyak Data
| ||
C. Mengurutkan Data Termasuk Nilai Tertinggi dan Terendah
Suatu data diurutkan dari tertinggi ke yang terendah atau dari yang terendah ke yang tertinggi.
Contoh:
Dari 20 siswa kelas VI SD Melati di peroleh data berat badan sebagai berikut:
30
|
46
|
45
|
50
|
35
|
47
|
50
|
36
|
40
|
45
|
38
|
48
|
40
|
45
|
30
|
30
|
35
|
48
|
46
|
45
|
Tentukan :
a) Berat badan terendah
b) Berat badan tertinggi
Jawab:
Terlebih dahulu, urutkan datanya menjadi: 30 30 30 35 35 36 38 40 40 45 45 45 45 46 46 47 48 48 50 50 Maka, berat badan terendah = 30
berat badan tertinggi = 50
D. Menafsirkan Hasil Pengolahan Data
Jumlah siswa SD Jati Murni menurut kelas dan jenis kelamin
Kelas
|
Jenis Kelamin
|
Jumlah
| ||
Laki-laki
|
Perempuan
| |||
1
|
18
|
22
|
40
| |
2
|
27
|
28
|
45
| |
3
|
20
|
25
|
45
| |
4
|
22
|
21
|
43
| |
5
|
24
|
16
|
40
| |
6
|
20
|
17
|
37
| |
Jumlah
|
137
|
129
|
260
|
Tabel tersebut di atas menjelaskan tentang jumlah murid SD Jati Murni sebanyak 260 orang yang terdiri dari 131 murid laki-laki dan 129 murid perempuan.
GLOSARIUM
Bilangan kubik
|
: Bilangan pangkat tiga
|
Bilangan prima
|
: Bilangan yang mempunyai bilangan 1 dan bilangan itu
|
sendiri
| |
Debit
|
: Banyaknya zat yang mengalir dalam waktu tertentu
|
Diagram batang
|
: Diagram dalam bentuk batang
|
Diagram gambar
|
: Diagram dalam bentuk gambar
|
Diagram garis
|
: Diagram dalam bentuk garis
|
Diagram lingkaran
|
: Diagram dalam bentuk lingkaran
|
Faktor prima
|
: Faktor yang terdiri atas bilangan-bilangan prima
|
Faktorisasi prima
|
: Faktor-faktornya bilangan prima
|
FPB
|
: Faktor persekutuan terbesar
|
Koordinat
|
: Bilangan yang digunakan untuk menunjukkan lokasi suatu
|
titik garis, permukaan atau ruang
| |
KPK
|
: Kelipatan persekutuan terkecil
|
Mean
|
: Nilai rata-rata
|
Modus
|
: Nilai yang sering muncul
|
Nilai terendah
|
: Nilai yang paling kecil
|
Nilai tertinggi
|
: Nilai yang paling besar
|
Ordinat
|
: Jarak titik terhadap sumbu x
|
Sifat asosiatif
|
: Sifat pengelompokkan
|
Sifat distributif
|
: Sifat penyebaran
|
Sifat komutatif
|
: Sifat pertukaran
|
Skala
|
: Perbandingan ukuran pada gambar dengan keadaan
|
yang sebenarnya
| |
Volume
|
: Isi
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar